PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi yang ada di FKIP UNDARIS. Prodi PGSD FKIP UNDARIS diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan guru sekolah dasar dan sekaligus meningkatkan kualitas guru sekolah dasar yang belum berpendidikan Sarjana (S1).

Prodi PGSD dibuka pada tahun 2011 dengan ijin penyelenggaraan pada tanggal 30 September 2011 dari  Menteri Pendidikan Nasional Nomor 217/E/O/2011, dan langsung menyelenggarakan proses pembelajaran.

Prodi PGSD FKIP UNDARIS mempunyai visi sebagai berikut:
Membentuk tenaga pendidik profesional yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang pendidikan dasar yang berbasis kemasyarakatan dan dijiwai oleh nilai iman dan takwa.

Adapun misi untuk mencapai visi tersebut adalah:

  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar pendidikan guru sekolah dasar berbasis kemasyarakatan.
  • Melakukan perbaikan secara berkelanjutan dan komprehensip untuk menjamin kualitas penyelenggaraan program studi dan kualitas lulusan.
  • Menyiapkan guru sekolah dasar yang profesional yang memiliki keunggulan dalam berbahasa Arab.
  • Menyiapkan tenaga kependidikan dasar yang memiliki kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional (akademik), dan kompetensi sosial (kemasyarakatan).

Sesuai dengan visi dan misi yaitu menyiapkan tenaga guru yang profesional, maka keunggulan dan karakteristik yang dimiliki adalah : (a) kompetensi paedagogik yang terdiri dari kemampuan pengelolaan kelas, penguasaan media dan teknik pengajaran, kemampuan melakukkan penilaian, serta melakukan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran, serta mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran. (b) Kompetensi professional, yang terdiri dari kemampuan penguasaan Keilmuan, wawasan keilmuan yang luas, kemampuan melakukan penelitian/kajian keilmuan, (c) kompetensi kepribadian berkait dengan kemampuan dan kemauan dalam  bersikap dan berperilaku yang dapat dijadikan suari teladan. (d) Kompetensi sosial, yang terdiri dari kemampuan melakukan komunikasi dan interaksi dengan teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan professional, dan kemampuan untuk menjalin kerjasama baik secara kelompok maupun secara individual serta keunggualan mampu dalam berbahasa Inggris dan berbahasa Arab dengan baik.

Selain kompetensi yang harus dimiliki tersebut, lulusan juga diharapkan mimiliki kompetensi tambahan yaitu kompetensi yang diliputi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan yang dapat terpancar dalam perilaku kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. 














0 komentar:

Posting Komentar